Memories... Do not open


Kepada,
Nama yang ngga pernah gw tulis bahkan dibahas di blog ini,

1/7 Alasan
Maaf, tiap permintaan “mas, kenapa kok ceritaku sama kamu gapernah kamu tulis?”, dan lo nanya gitu gak sekali, tapi berkali – kali.

Jawaban gw akan selalu sama “Blog-ku tuh ada kutukanya. Coba liat nama – nama atau siapa cewek yang aku tulis di blog. Gapernah tuh aku langgeng sama mereka. Nama yang aku tulis disini ga akan jadi cewek yang bakal sama aku”

“tapi cewek yang ada di blogmu?  Mana ada aku?”

“iya kan? Aku nulis mantanku/cewek yang pernah deket sama aku. mana? Ngga ada yang jadian sama aku. mau kamu nanti aku tulis di blog. Habis gitu kita putus?”

“ah alasan"

Muka lo bakal selalu langsung jengkel, cemberut sejadi-jadinya, lalu gw akan bilang “jangan nggondok gitu. Nanti aku rindu” nanti setelah ngomong gitu, lo jiwitin lengan gw sampe merah. Sampe lo puas. Sampe lo gak jengkel lagi sama gw. sampe lo bisa ketawa haha hehe lagi sama guyon receh gw.

Tapi,
Bedanya sekarang, kita udah pisah— tanpa harus gw nulis nama lo terlebih dahulu disini.

Alasan sebenernya gw gamau nulis adalah alasan yang berulang – ulang kali gw ucapin..

Yaa.. waktu gw gakada buat nulis. Nulis itu butuh space otak agar gw bisa mengekspresikan apa yang gw rasain. Sewaktu sama lo, free space otak gw gakada. Kesita sama kuliah, tugas, kesibukan  gw sendiri, proker organisasi, dan lo tentunya. Nggakada udah.

“halah alasan, bilang aja kisah kita gak menarik”
Wkwkwk. Iyadeh.    
                            
2/7 Waktu
Waktu luang gw buat nulis itu hampir gakada lho, apalagi waktu sama lo. Coba deh scroll up chat lama kita kalo belum lo hapus. Dalam sehari, kita bisa bahas apa sampe apa? Mulai bahas apa jebusnya kemana?

Mulai bahas sudah sarapan belum? Tiap pagim sampe agak siang ngingetin jangan lupa makan siang, ya gausa diingetin gw juga bakal laper kok. Tapi kadang gw kelupaan kalo emang saking sibuknya. Agak sore menjelang maghrib gw belum pulang kuliah kamu sambatan “ya ampun mas, tugasku lho numpuk” lalu lo ghibah angkatan atas lo, temen angkatan lo. Terus malem, lo bakal selalu pamit buat nugas atau sekedar belanja ke mangga dua buat praktikum masak besok.

Dan gw, wkwkwk. Akan selalu pamit buat pura – pura nugas padahal gw menyibukan diri dengan cara main game dan nonton film. Chat sama cewek lain? Ngga kok nggada cewek yang semau itu perhatian sama gw. tenang.

Jujur, gue banyak bohongnya. Waktu alasan gue belajar gw gunakan belajar sesekali selebihnya gue pake buat ‘me time’. Abis lo ada terus sih. Pagi, siang, malem. 24/7 lo ada. Belum kalo kangen terus minta telepon, dari habis isya sampe jam 7 malem kuping tuh bisa panas buat dengerin cerita lo sama cerita gue. Sambatan – sambatan yang selalu berakhir begejekan.

Habis, ketika gw terang – terangan minta me time, lo bakal ngambek. Karena lo ingin menikmati waktu kita yang sedikit ini, beruda. Nggak ngejalanin sesuatu yang kita suka sendiri – sendiri. Gw sadar kok.

Lo sendiri juga ga terlalu punya banyak waktu buat ‘me time’. Kebanyakan  waktu lo kepake buat nugas, ngurusin rumah, sisanya waktu lo bakal lo serahin buat gw. wkwkwk.

Sebab itu, gw beruntung. Gw gakpernah dapet cewek yang segitunya ke gw. yang nyempetin waktunya seusai nugas atau secapek pulang acara hima, atau secapek habis beresin urusan rumah. Gw adalah orang yang lo cari dan lo fikirin setelah kerjaan – kerjaan lo selesai.
Gw adalah orang pertama yang bakal lo tlepon ketika urusan itu selesai, adalah orang yang bakal lo

“p
P
P
P
P”

Ketika gw ga bales lama. Dari situ gw paham lo bukan cewek yang mandiri, tapi se-enggaknya gw tau kalo lo sebutuh itu sama gw. i’m flatered. Nobody will treat me like that special even little bit creepy sih. Kadang gw sebel, karena gw juga butuh waktu sendiri. Istirahat. Dari berjuta perhatian – perhatian yang lo kasih.

Tapi itu, kado paling indah yang pernah gw dapet. Waktu. Karena lo kasih apa yang gabakal pernah bisa lo ambil lagi.
Gw masih inget sewaktu kita awal LDR pisah sekolah, hal yang bakal lo sambatkan, apalagi pas jam makan siang. Yaitu “mas. Kita kapan ya bisa makan siang se kantin lagi” atau lo bakal ngomong “awas ya, kalo ke kantin ngajak cewek lain” wkwk.

Gw gakpernah ingin dengan yang namanya berpisah sama lo, even gw menderita atas semua ngambek dan sifat kekanak-kanakan lo yang ngga mandiri banget.

Why? Nobody, need me like the way you need me. Gw lebih memilih menderita dan menjalani hal – hal mengerikan dan hal – hal indah sama lo. Daripada harus mulai kenal lagi sama orang baru dari awal. Siapa tau dia berubah, siapa tau gw yang berubah. Yang betah sama gw selama 4 tahun? Cuma lo.

3/7 Makan
Sepercaya apa gw sama lo?

Adalah sepercaya, wkwk—
Masih inget gw. di rumah bunda gw sibuk kerja, sampe rumah bunda kadang langsung mandi terus istrahat, eyang uti juga sudah sepuh, gw, ama didin ngga seberapa punya skill dan kegemaran masak jadi ya, di rumah jarang ada yang masak.

Beda kaya keluarga kamu, banyak ceweknya, sama – sama suka masak pula. Apalagi mamamu pas masak ayam betutu khas. Aduuuuuh. The whole of my heart was in that chicken sumpah. Yah, jadi angen sama masakanya mamamu. Duh.

Kebanyakan makan malem gw bakal beli makanan daripada masak sendiri. Ya beli nasi goreng, soto, penyetan, capjay, bebek, fuyunghai, rawon. Dah seputar itu – itu aja. Bosen.
Saking bosenya gw akan memasrahkan malem ini mau makan malem apa ke lo. apa yang akan gw beli adalah makanan yang bakal lo pilih.

“dik, hari ini aku makan apa ya enaknya. Bosen. Capjay, sate, nasgor, fuyunghai, atau apa ya..”
Karena lo ahli gizi, yang sedikit sok – sokan tau gizi (emang tau ding). Lo akan membandingkan makanan apa yang udah gw makan kemarin – kemarin.

Misal kalo gw udah kebanyakan makan makanan berbahan ayam lo bakal bilang
“Kamu kemarin udah sate kan? Ayam juga kan itu kebanyakan udah. Capjay aja, biar ada sayur dikit”
Dan gw definetely bakal beli capjay even gw lagi pengen sate, sungguh.

Pernah dapet pacar se-random gw ngga? Wkwk. Pacar lo yang sekarang gimana? Apa kaya gw gitu? Apa jangan – jangan kalian berdebat tentang gizi dulu kalo mau keluar makan? :( ngga kan ya? 

Tolong jangan, gajadi makan kalian keburu tipes wkwk.

4/7 tempat
Gw inget sewaktu kita mau keluar kemana, kita buntu. Saking banyaknya tempat yang udah kita kunjungi. Setiap mall, setiap taman, setiap event surabaya kita udah pernah kesana bareng. Pernah suatu malem lo suntuk sekali ngga pingin ada di rumah, lo nanya

“mas, kita mau kemana ya hari ini. Aku pengen keluar tapi bingung”

“udah ikut gw”

“kemana?”

“pake jaket. Tempatnya dingin”

“ih, mau kemana sih?”

“gunung, kita makan mie di puncak nanti”

“gunung mana?”

“udah buru ganti baju, pake jaket, jilbaban yang bener. Keburu tambah malem nggajadi keluar lho”

“duh iya – iya”

Dengan kesepkatan sepihak oleh gw, gw berhasil menculik lo. Tempat itu namanya ‘tavel mi’ di mulyosari, tempatnya unik. Menyediakan view gunung, padahal Cuma di kedai biasa. Gw juga pingin kesana dari dulu tapi gakada yang gw ajakin. Lo deh korbanya wkwk.

Kita tuh, saling jatuh cinta dengan tempat makan rekomendasian kita masing – masing. Kaya gw keracunan “pangsit mi hefan”, atau “pangsit mi restu” that was the craziest noodel i ever got.
Kita sempet ngelist tempat makan kita nggaksih? Sempet kayaknya tapi gw lupa.

Tahu tek pak amin was the best tahu tek in the entire universe. Apalagi bawang putihnya. Padahal makan malem, tapi masih kerasa sampe besok pagi, nggatau gimana gw juga heran. Itu bawang putihnya satu kebon diiris jadi satu piring apa ya.

Lo juga keracunan nasi goreng joko dolog, bakso royal, ayam nelongso dan banyak lainya. Kaya every single corner in this city is us. Ya kan? Nggak seh lek sekarang wkwk.
Gw sempet mikir, gw akan keinget banget sama lo tiap gw main ke tempat yang pernah kita kunjungin.

Turns out, biasa aja. Wkwk.

5/7 dekat
Tau gaksih? Tolak ukur kedekatan kita sama seseorang kaya gimana? Adalah titik dimana lo gak butuh komunikasi sama dia. Maksudnya adalah, semakin lo kenal samaorang tersebut lo semakin gak butuh itu yang namanya “kalo marah, bilang. Jangan diem aja”,

kadang dengan lo cemberut aja gw udah tau lo cemburu atau lo lagi ada masalah sama gw. Cemberut lo ngga akan pernah bisa bertahan lama kalo udah kita ketemuan, marah – marah lo, sebel lo, kesel lo ke gw. Bakal ilang kalo udah itu ada yang namanya ketemuan.

Gw juga, sejenuh apapun gw ke lo juga bakal ilang. I don’t know, i don’t plan to feel that way but i feel it anyway. And somehow it feels good.

Ribet sama lo tuh ribet. Lo tuh bikin gw gupuh
“mas, ayo berangkat cepetan"

ok. Gw buru – buru. pas gw jemput. begitu sampe rumah, belum ada tuh baju bagus sekain pun nempel di badan lo.

“Kamu lho suruh aku buruan berangkat tapinya kamu belum siap, dik”

“HEHEHEHEHE”

Kebiasaan. Belum lagi kalo lo nungguin make up setengah jam. Ribet. Gw tuh juga ga seberapa suka cewek dandan.

“aku tuh dandan biar keliatan cantik mas buat kamu”

Yaiya sih, lo pinter kalo dandan. Keliatan cantik. Akhirnya kan gw kebiasaan kalo liat lo cantik. Gw kan gamau terbiasa liat lo cantik dengan make up – make up lo.

Akhirnya pas keluar gapake make – up. Kaya gembel kan kamu.

6/7 jakarta
Pisah sekolah aja kayaknya nggak cukup. Maaf, aku mau magang. Kita pisah sekali lagi ya? Cuma 3 bulan. Nggak lama. Lo tahan rindu lo sebentar ya pas gakada gw. waktu ulang tahun, gw beliin lo boneka. Sebagai pengganti kalo pas gw gak di surabaya, boneka itu yang jagain lo, boneka itu yang jadi tempat curhat lo, boneka itu yang bakal gandeng lo selama gw gak di surabaya. Ya, gw ngasih lo berhala berbentuk boneka wkwk.

Sedekat apapun, sesuka apapun, secinta apapun gw sama cewek. Gw gak bakal punya inisiatif buat mutusin lo duluan. Pengecut? Enggak. Terlalu takut aja kalo gw harus jatuh cinta lagi sama orang lain lagi. Harus kenal. Bangun kepercayaan dari nol. Bangun ketidakbetahan dan kebetahan dari nol lagi. Menurut gw lebih ribet, mending bertahan dengan seluruh kebahagiaan sekaligus penderitaan sama lo. Wkwk.

Lo, berhasil ngeyakinin gw kalo lo adalah orang yang bakal gw pertahanin sampe akhir.
Hingga in the end, you decided to say
“aku kok udah ngga ngerasa apa – apa ya sama kamu”

Mungkin juga alasan lo berpisah sama gw adalah tentang banyaknya orang yang gak menyepakati kita bersama, temen gw, beberapa keluarga gw, beberapa keluar lo. Yaudah, gw gapernah peduli dengan kata orang lain. Se – nggak setuju apapun mereka. They don’t know about us, they don’t even know what they said.

tapi juga, mungkin emang lo udah terlalu menderita karena sama gw, mungkin dengan nggak ada kata kita. lo bakal lebih bahagia. gapapa.
asal lo bahagia, ngga sama aku pun. gapapa, sejatinya juga gakada orang yang benar - benar bahagia bersama gw dengan waktu yang lama.

Setelah berita kita putus menyebar luas di dunia gw. gw rasa makin banyak yang gasuka sama lo. Wkwk.

“udah dibelain kaya gitu, kok diputusin ya. Kasian kamu de”

Wkwkwkwk. (gw heran indonesia itu ketawa hahaha kenapa diketik wkwk)

Wkwkwkwk.
Gw, ngga menilai sebuah hubungan dari cara lo mengakhiri hubungan kita. Atau tiba – tiba setelah putus lo punya pacar lagi. Gak peduli gw. Gw memaknai hubungan kita dari segi proses.

Selama 4 tahun, lo yang nemenin gw.
Selama 4 tahun, lo yang support gw.
Selama 4 tahun, lo yang bakal ngerusuhin gw.
Selama 4 tahun, lo yang betah – betahnya sama sifat gw.
Kalo nggak kamu, mungkin nggakada yang betah sama kerandoman perubahan sifat secara mendadak gw. sebab itu, gw beruntung.

Bagi kalian. Yang mungkin. Memandang mantan gw ini orang jahat, yang tega ninggalin gw, yang bener – bener nyakitin gw. iya emang nyakitin. Tapi cuma sehari itu. Kemarin – kemarin dia yang ada buat gw. jad lo gabisa menafsirkan dia jahat atau baik dari sekali kejadian aja. Dia punya sisi baik, dan sisi buruk. Gw juga. Tapi dia, adalah sebaik – baiknya support gw selama 4 tahun.
Gw gamau pisah, karena kita udah kenal lama banget. Tapi malam itu, jam 10, dimana lo bilang “kita udahan aja” gw gak kenal lo.

Gw sudah holding on, suffer, do everything for you. But that time, no. I had enough. Gw sendiri juga ga kenal gw, yang let you go that easy.

Dulu, kalo malem abis berantem. Paginya kita akan menemui belasan misscall, puluhan pesan nggak di read, dan bahkan masih sempet ngucapin good morning.

Di jakarta? I don’t know. It feels like i don’t want to give a shit anymore. I need you di jakarta, buy you’re not there.
It’s okay. For the first time in your life, kamu buat keputusan paling berat. Berpisah.

Mungkin juga, lo ga bahagia sama gw. it’s okay. At least lo pernah betah sama gw selama 4 tahun.
Kenapa sih mereka gasuka sama lo? Karena kadang lo jutek banget. Kaya gak nyaman sewaktu gw ketemuan sama temen, padahal kan ya gapapa aja. Seharusnya nggakada bedanya antara ketemuan sama gw doang ataupun bareng temen gw.

Buat cowok lo yang sekarang. Please, genuinly love him and love the rest of his whole world. Not loving just loving him. Being together is to bring two world together. Bring the joy and the pain as one. So... yah. Terimakasih banyak

Kalau saja lo gapeduliin kata orang lain, se ngga sepakatnya semesta ini ada kata “kita”
Kalau aja lo bisa nahan rindu sedikit lama lagi,
Dan gw bisa mempertahankan lo sedikit lama lagi
Mungkin waktu gw pulang dari jakarta,
Kita adalah orang yang paling berbahagia di alam semesta karena berhasil melepas rindu paling berat yang pernah kita pikul.
Sedikit lama lagi

7/7 sampai jumpa
Selasa, 19 feburari 2019. Seuasi bimbingan. Gw nunjuin tulisan ini ke temen gw, and she was like

“kamu ngapain sih nulis kaya gini? Udah selesai ya selesai aja de, nggausah dibikin tulisan juga. Jangan – jangan lo ngarep ya? Lo nyesel ya di putusin dia?”

“ngga kok”

“alasaaaannnn kamu lho masang story2 galaw, tweetmu sampah wkwkwk”

“Tulisanku, storyku, statusku, sampah – sampah kecil yang aku tulis. Bukan semua buat dia, buat orang lain, banyak. I just love to speak you know. I don’t feel a thing about her anymore”

Ya apa ya, gw putus tuh. Ya putus. Marahan? Engga kok. Habis putus kalo ada yang dibutuhin ya ngontak biasa kok. Temenan.

No hard feeling. Alasan gw nulis ini adalah gw ingin berterimakasih se banyaknya - banyaknya, telah menjadi support buat 4 tahun ini dan juga

I just never got to say goodbye properly.

Goodbye,

Surabaya, 15 Maret 2014 - Jakarta, 10 September 2018

note : Past is a good place to visit, but not a good place to stay.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

__don't replay it please : gak ikut catering, ikut makan (di keroyok)__

Lost in miles

____Akamichi potter and the half bolod prince_____