Truth + Dare


Why Truth + Dare instead of Truth or Dare? Cause when there’s a truth, it means you dare to take it no matter what. you don't get to choose

Gw cowok, tapi soal overthinking gw jagonya. Mungkin aja dari luar gw keliatan kayak gak peduli sama apa yang terjadi, tapi di dalem gw mikirin apapun kemungkinan yang bakal bisa terjadi.
So, Semenjak gw di jakarta banyak banget yang tiba – tiba gw pikirin. Sebelum berangkat gw mikirin keluarga gw, temen, dan cewek gw terutama. Apa yang bakal terjadi selama gw gakada. Apa yang bakal gw lewatin selama gw gak di Surabaya. Karena gw yakin selama di Jakarta perjalanan gw bakal lancar, semua yg gw hadapi gak jauh beda daripada apa yang gw hadapi di surabaya. Gw berpikir kalo gw akan menyikapi kondisi ini dengan aspek yang sama, hanya tempat saja yang berbeda.

Nyatanya busuk kaya pupup kucing abis makan wiskas rasa sarden 1 pabrik. Bayanginya aja eneg kan lo, apalagi gw. Well. Kondisi beda, dan gw berada di tempat yang juauh lebih beda. Keluarga disini kondisinya juga beda, temen gw yang di jakarta ada tapi pada mencar dan nggak ketemu intens kaya yang tiap hari dan, gw juga ditinggalin cewek gw. intinya, adalah jadi gakada yang bisa gw ajak tukar pikiran atau sekedar membicarakan hal2 yang gw pikirin secara serius dan signifikan.
Akhirnya hal yg gw lakuin, gw ngomong sama diri gw sendiri. Gw pernah ngelakuin hal ini sebelumnya, ngomong sama diri sendiri sering malah. Cuma kali ini so much more voice in my head. Bising pikiran gw. kayak duapuluhtujuh motor supra pake knalpot resing jejer terus mereka blayer – blayer kayak pas taun baru tapi pake megaphone sari roti yang biasanya ngeluarin bunyi “Sari roti, roti sari roti.” (Terkutuklah kalian yang baca sambil nyanyi dan melanjutkan iringan nada yang mengikutinya ya)

Itu sebulan lalu, makin kesini makin ngaco. Tepat 29 oktober ini, gw resmi 2 bulan di jakarta semenjak kedatangan gw 29 september kemarin. Gw makin mikirin keluarga, temen, topik Tugas Akhir, tugas rancang, metode apa yang bakal gw pakai waktu tugas akhir, laporang magang gw, dosen gw which is semua itu hal bagus buat dipikirin but god damn it. Bising.
Daridulu, gw gapernah nyalahin keadaan maupun diri gw sendiri. Apa yang terjadi ya gue terima itu sebagai konsekuensi atas pilihan yang gw ambil. Karena gw juga gapunya kemampuan buat ngehentiin kehendak semesta, Cuma ini too much. I can’t take it by myself. Dan baru baru banget pertama kali ini gw ngerasa “I Need to be saved by someone”. But then, no one even want to save me. Until someone come.

So, ok. That’s it. Post kali ini gak akan bahas betapa gw ingin memaki keadaan konyol yang menimpa lelaki tampan dan baik hati seperti gw (Kalo mau muntah aja silahkan, jangan ditahan), Di tulisan ini gw akan bahas how to solve it. Maybe you need to be saved too but there’s no one to save you.

First one that saved me is teman sekelas dan sekampus gw yang penuh pengertian, kenalin namanya Nurul Annisa Rahmandita (Mantan orang gw sebut biarin, maaf ya bro. Bukan nikung nih). Sebelum gw memulai, biarkan gw imdes cewek ini dengan 5 kalimat
1 1.)    Superly IDGAF Person
2 2.)    Love helping others
3 3.)    Fully-grown woman (As dia kelahiran 96 dan pernah ambil D1 di ITS tapi abis wisuda ambil lagi D4 ke PPNS. Kalo di umur dia yang sekarang dia resmi jadi half, Fully-grown aunty)
4 4.)    A really open minded person
5 5.)    Solution oriented
Even dia cewek lembut penuh pengertian dan penyabar setau gw, she’s also can turned into a though well-hard-trained-soldier-ready-to-ripped-your-eyes-down-to-your-knees pas lagi pms. So if you need a wife image, take her as your image. Me, myself don’t wanted that good-scary girl.
In the middle of percakapan gw nanyain mata kuliah kehandalan, dan di dorong rasa saya butuh solusi sekaligu Annisa adalah sosok wanita yang chill dengan apapun. gw iseng nanya

“Nis, gimana sih cara nikmatin hidup? Aku depressed sekali ini. Teach me how to not give a f word to this miserable wordl”

“Sumpah de, ku sempat prihatin dengan kondisi anda. Intinya doing something you love bakal ngebuat kamu lupa kalo idupmu menyedihkan”

“ok, suggest me something new”

“2M2F”

“2M2F apaan?”

“2M2F : Music, Movie, Family, Friends”

“Masuk pak Handoko! Tapi kayaknya ada yang kelupaan deh nis. Harusnya 2M3F”

“Music, Movie, Family, Firends. Dan kamu lupa elemen paling penting yaitu food”

“haha sa ae lu perut lumba – lumba”

PS : Buat kalian yang liat status line gw “2M2F” bukan berarti gw modus mendapatkan nisa, gw hanya mengingat - ngingat sekaligus pedoman hidup sementara di jakarta in case desperate saya kumat dan saya gak tau how to enjoy life.

Itu orang pertama, well orang kedua yang gw rasa benar – benar menyalamatkan gue tepat hari ini adalah Ayah.
Di suatu malam saat perjalanan balik dari rumah ayah (fyi, gw tinggal di rumah pakde gw daerah cilandak jadi hari itu gw lagi main ke urmah ayah karena sumpek di rumah. Sekaligus ayah gw ulang tahun)

Ok lanjut, diperjalannan balik. Mobil kami di iringi musik paling indah musim hujan, yaitu rintik dari luar kaca jendela mobil. Karena gw berharap weekend gw bisa tenang namun nyatanya makin runya, dan banyak yg gw pikirin banget. Gw memberanikan diri bertanya

“Yah, ayah kalo lagi banyak pikiran ngapain?”

Terus bunda heni iseng jawab“Ngerokok kalo ayahmu, hahaha”

“waduh, selain ngerokok dong bun. Haha”

Hening sejenak, ayah melanjutkan nyetir namun tatapanya berpikir.
Sejenak gw lihat ayah sambil tarik nafas kecil tanda Ayah selesai berpikir ayah bilang

“Mas rus, kadang kamu ngerasa kamu sudah berpasrah diri sepenuhnya tapi kadang kamu masih mikirin apa yang sebenernya terjadi. Jadi kalau banyak pikiran di buat istirahat aja buat tiduran.”

Sebenernya gw kurang puas dengan jawaban itu tapi ada bener juga kata ayah gw. Tidur juga ngebuat kita gak mikirn hal – hal yang berlebih. Di saat nulis ini gw jadi inget temen gw yang hobi tidur namanya Nanda Raka, jangan – jangan dia sama frustated nya sama gw. njir. Ngeri.
Sampai gw di rumah tepat jam set 10 malam menelusuri hujan deras dari teras rumah sampai ke ruang tamu. Malem itu, pikiran gw sedikit kebuka. Well i choose to sleep and not thinking about it.

Senin pagi ini, tepat tanggal 29 oktober gw bangun dengan perasaan sedikit enteng. Gw mengumpulkan niat buat mandi 2 jam dari jam 4, jam 6 akhirnya mandi (Ya ngumpulin niat sama realisasi emang lama ngumpulin niatnya), terus sarapan dikit dan berangkat ke kantor seperti biasa.
Di kantor, gw menargetkan diri gw untuk fixasi Topik dan proposal Tugas Akhir yaitu tanggal 4 November. In the middle of ngerjain something, tiba – tiba gw terdiam dan overthinking gw balik lagi. The feels that i hate the most. Lalu secara bersamaan gw mendapati ada Chat whatsapp dari Ayah, dan ini sungguh memberikan gw pencerahan dan mudah – mudahan kalian yang punya masalah yang sama kayak gw juga bisa kebantu. Ini Chat ayah asli gw Copas gak ada yang gw edit. Gw biarkan apa adanya.
“Mas... 
Setiap hamba pasti merasakan namanya takdir. Manis atau pahit haruslah diterima. Tak ada seorang hamba yg mampu menolak takdir. Stres, kekecewaan, kesedihan dan amarah adalah tanda seorang hamba belum mampu untuk berbesar hati menerima yg namanya takdir. Yakinkan dalam diri mas bahwa semua itu ada hikmahnya. Ada rahmat Allah yg besar dibalik itu.

Mas...
Jangan merasa benar, krn itu menutup hidayah yg hendak diberikan ke hamba-Nya. Tetaplah merasa kotor dihadapan Allah, tetaplah merasa jadi pribadi yg tidak sempurna dihadapan orang lain. Jadilah hamba yg tawadhu (rendah hati). Tetap semangat memperbaiki diri dengan selalu instrospeksi diri.

Mas...
Jangan merasa sedih, krn itu menutup iman kita, Allah sayang ama hamba-Nya yg bersabar, Allah tahu yg terbaik buat kita. Walaupun itu pahit, tetap husnudzon (berbaik sangka) akan takdir Allah.

Mas...
Jangan merasa kecewa, krn itu membuat kita lupa akan syukur. Jangan hanya krn satu takdir pahit, kira sudah lupa sudah begitu banyak rahmat yg indah sdh diberikan ke kita.

Mas...
Jangan sakit hati, krn itu merusak hati dan badan kita. Sakit hati itu energi negatif, mengotori hati dan merusak badan.

Mas...
Beban berat itu spt tas punggung kesayangan. Membuat berat tp tidak mudah untuk dibuang. Turunkan beban itu sejenak jika sudah membebani. Istirahatkan badan dan pikiran. Jangan siksa badan dan pikiran mas. Pikul lagi bila mas sdh kuat. 
Banyak2lah istighfar dan sholawat agar Allah memberikan kekuatan pada mas untuk melalui takdir.
Iklaslah menerima takdir, pasrahkan solusinya pada-Nya. Dekatkan diri pada Allah yang menciptakan ujian dan pemberi solusi. 

Nasehat dari Allah SWT :
فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا  
fa inna ma'al-'usri yusroo
*Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan*

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا  
inna ma'al-'usri yusroo
*sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan*

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ 
fa izaa faroghta fanshob
*Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain)*

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ
wa ilaa robbika farghob
*dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap*

(QS. Al-Insyirah 94: Ayat 5-8)”

Well man, i cried. Got nothing to say but thank you.
Disaat membuat tulisan ini, banyak banget tulisan yang gw ketik sampek 4 paragraf. Gw delete lagi, gw ketik lagi, gw delete lagi. Ada beberapa cerita yg ga pengen gw ceritain ada beberapa beban yang gak pengen gw keluarin lewat tulisan ini. Karena juga gak penting, seolah – olah gw nyeselin hal itu padahal enggak. Karena itu pilihan yg gw pilih, se merasa sesia – sia apapun yg gw lakuin, se goblok apa gw jadi orang, itu udah kejadian. Gak bisa dirubah dan gakada gunanya.

I thought everyone deserve a secon chance. Well, it’s not about deserve, it’s about to believe that you will have a second chance someday, somewhere, with someone you don’t want to know.
Jangan pernah salahin keadaan, dan salahin orang lain. Salahin diri kamu sendiri, bukan buat nyakitin diri kamu sendiri tapi buat intropeksi. Buat benahin diri kamu sendiri. Supaya akhirnya kamu bisa improved to be a better one.
This is what i’m gonna say “The only thing that will improve you is to take any new chance that comes to you” when you feel like you have a good chance to be someone new, take it. Why? Because the old you is hurting yourself and you’ve done with it.

Btw, sebelum gw tutup tulisan ini, gw mau bilang terimakasih kepada temen2 gw yang udah banyak ngerekomin gw Film, Musik, Makanan dan ngelakuin hal hal yang harusnya gw lakuin sejak awal tapi gak kepikiran.
Mungkin kalian pikir kalian lemah dan gapunya arti apa – apa. Meskipun kalian ngerasa idup kalian mean nothing. Believe me,  you mean something to someone. So keep being you. You have a good reason to spent your life.

Sekian kumandang bacotan gw hari ini. Semoga juga bisa ngebantu kalian yang lagi parah – parahnya sumpek sama perubahan kehidupan. Apapun yang kalian lakuin, stay focus. Kalo ada orang bilang “Don’t rest when you are tired, rest when you are done”  well, it’s okay to rest sometimes but then you get back with a more powerful energy.
Accept that something new even itu hal yang menyenangkan atau hal yang menyedihkan. kalo kamu berfikir yang kamu ambil itu ngebuat kamu lebih bahagia atau lebih sedih believe you don’t want to know that earlier because you just don’t know.

2M2F is really working. How so?
Music change your mood
Movie change your perspective
Family change your mind
And friends change your smile.
Also, pray.
Will change your heart.
4 sehat 5 sempurna ya rek.

Do’akan gw lancar ya rek. Thx for reading this. Love you.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lost in miles

__don't replay it please : gak ikut catering, ikut makan (di keroyok)__

____Akamichi potter and the half bolod prince_____