ABC 5 dasar nama burung lovebird



kenapa orang sering membicarakan keburukan seseorang, padahal diri nya lebih buruk dari yang di omongin.

1/5
Jawaban gw adalah “wkwkwwkwkwk. Ngga juga. Lingkungan lo aja isinya orang kaya gitu semua. Pindah lingkungan hidup sini sama gw”

Well, kayaknya gw bakal lebih bikin podcast daripada ngetik di blog. Tapi suara gw jelek, takut nanti lubang telinga kalian penuh riak jadinya.

Ada beberapa topik juga yang sebenernya pingin gw angkat buat jadi tulisan, jadi sekalian aja. mumpung ada momen ginian juga.

Hm kenapa ya. Dikarenakan mungkin dengan menjelekan orang lain, dia rasa dia akan ngangkat harga dirinya sendiri (sering saya jumpai di negara +62). I mean like kalo ada yang ngomongin dia
“Eh kamu lho, gabisa matematika”
“Daripada dia, udah gabisa bahasa inggris, kurus, suka nya ngerayu – rayu cowok orang. dih”

Lha!! yang kek kek gitu tuh, mempertahankan image mereka dengan menjelekan image orang lain, dan respon kalian bakal “lo ga ngaca muka lo sendiri udah kaya gorila taman bungkul lepas gitu?”

2/5
Kepada orang yang menjelekkan,
menjelekan dan meremehkan orang lain itu salah satu dari sifat sombong.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ قَالَ رَجُلٌ إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً قَالَ إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ
“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji dzarrah.”

Biji dzarrah ini apa? Ada yang ngomong kalo biji dzarrah adalah biji padi, ada pula yang ngomong biji dzarrah ini adalah biji sawi, ada yang ngomong biji dzarrah adalah telur semut terkecil di dunia, ada pula yang mengatakan biji dzarrah ini tingkatan terkecil dari struktur benda di muka bumi. Ini atom. Atau bahkan lebih kecil dari inti atom.

Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.

Kalo ngingetin orang tuh yang enak rek, jangan “eh kamu lho gabisa matematika” coba diganti sama “lho, matematikamu kok dapet segitu? Kamu gabisa di bagian mananya. Coba aku ajarin” kan enak.

3/5
Kepada orang yang dijelekkan,
Lagian lo gak rugi juga kali kalo lo di jelek – jelekin. Tandanya lo sedang dikoreksi, lo harusnya berterimakasih kepada orang menjelek – jelekan lo. Like seriously. Kita gak bayar dia, tapi dia ngoreksi kita supaya kita jadi lebih baik. Uh, betapa meruginya orang itu ngejelek – jelekin kita sedang kita bisa mengolah diri kita dengan menjadi lebih baik dan benar.

4/5
Oke. Sama halnya dengan,

“Kenapa kok orang lebih banyak mengingat hal buruk yang pernah dilakukan padahal cuma sekali? Padahal sebelumnya dia melakukan hal yang baik berkali – kali”

Jawabanya adalah pertanyaan “Kenapa di TV banyak berita buruk? Padahal banyak juga berita baik yang ga sampe di media?”

dikarenakan, otak kita itu lebih cepat merespon kalo misal ada sesuatu yang buruk di dekat kita. I mean, lo bakal biasa aja kalo ngeliat burung, kucing, atau hewan – hewan lainya. Beda sama kalo lo nemu kecoa, mungkin lo akan waspada.

Waspada is the word that we looking for here. Otak bakal lebih awas dari kejadian – kejadian yang buruk daripada kejadian baik. Insting kita bakal lebih tertarik dari hal – hal buruk karena membahayakan kita. Beda sama hal baik, ya udah kejadian lewat gitu aja.

Di ghibah temen misalnya, itu hal buruk dan pasti lo akan ingat baik – baik di otak. Karena alam bawah sadar lo bakal nge-set “awas ditusuk dari belakang” yang membuat lo jaga jarak. Meskipun dia udah 6238x baikin lo.

Dan cuma gara – gara 1 aja kesalahan dia ngecewain lo. You’ll find END on friENDship. Lol.

5/5
Lo, gabisa mengharapkan orang yang lo baikin bakal selalu ngebaikin lo balik. Berbuat baik ke orang lain itu kewajiban, soal ngebalesnya dia dengan cara nyakitin lo atau gimana. Itu urusan lain dari “you get what you give”. Mungkin lo gak ngedapetin kebaikan dari tempat dan waktu dengan orang yang sama, mungkin ke-esokan harinya bakal ada yang ngebaikin lo entah siapa. dimana, dan kapan.

Berharap itu, sesuatu yang menyakitkan. So much. Berharap itu, juga menandakan lo ga ikhlas ngelakuin sesuatu.
Gw dapet omongan itu dari almarhum papa tiri gw, orang yang benar – benar light up my world. Tapi setelah kepergian beliau, sejak 2012 silam. Udah gakada yang nasehatin dan ngarahin gw lagi. Orang yang ngebimbing gw hilang gitu, tapi bukan karena orang yang ngarahin gw gakada berarti gw hilang arah. Kalo sampai hilang Papa gw pasti bakal marah besar.

Omongan “jangan melakukan sesuatu karena mengharapkan hal lain” ini gw dapet lagi dari temen gw SMP, Retno namanya. Sewaktu di Jakarta. kita telponan ampe sekitar 4 jam. Ghibah lah. Masa ngomongin cinta fitri naik haji yang tertukar.

Dan dia ngingetin gw tentang pentingnya ngelakuin sesuatu dengan ikhlas, and i love it so much.
Karena pasalnya, kalo lo ngelakuin kebaikan dengan pengharapan tuh jatuhnya sakit kalo harapan lo gak terpenuhi.

Misal, lo tau doi lagi sedih. Akhirnya lo bela – belain ada buat dia. Tapi setelah lo tau dia gasuka sama lo. Lo gada buat dia? it’s not a love there, it’s obsession, contains pain.

Everybody got that experience. Dibaikin, karena ada maunya tapi ketika ia ngga dapetin apa yang mereka harepin dari kamu, mereka ilang. Ada? Ada!

Don’t expect someone will repay for what you did, you paid them.

ok!
saya nulis ini dengerin lagu Don't Matter - lauv

"Nobody want to see us together, but it don't matter now cause i got you"

oh it made my day, goodnite. sleeptight. don't forget to spread kindess <3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

__don't replay it please : gak ikut catering, ikut makan (di keroyok)__

Lost in miles

____Akamichi potter and the half bolod prince_____