Ngejauh

"Kayak baca buku yang sama. Endingnya udah ketebak"

Gue, udah lumayan lama dijauhin orang. Ngerasa dijauhin orang lebih tepatnya. Dengan alasan yang engga gue paham. Akhirnya, gue pun juga melakukan praktik itu. Ngejauh.

Apa ya? Gw udah nge declare jauh2 hari, minggu, dan bulan ke seseorang kalo gue udah gakada rasa sama dia. But sometimes gue ngerasa kaya dia ngedeket lagi, ada lagi, tiba - tiba dateng pas butuh, terus tiba - tiba pergi.

Waktu gue ngerasa dia berantem sama pacarnya, dia tiba - tiba muncul ke gue.
Waktu dia ada masalah dengan seseorang, dia tiba - tiba muncul ke gue.
Kalo masalahnya kelar yaudah selesai. Gue ngga dianggap "eh yang bantuin masalahmh itu aku lho, bukan dia" but then adanya kamu akhirnya yang balik ke orang lain, bukan ke gue.

Gue merasakan, ada ketidak ikhlasan dalam mengerjakan sesuatu. Bangsat memang.

Gue punya temen yang mereka pernah deket, tapi gajadi jadian terus mereka jauh - jauhan. Kan tolol! Kaya ngapain gitu jauh - jauhan. Ngga ngefek lah. Adanya makin nambah beban pikiran, lo bakal jadi manusia paling denial di seluruh alam semesta.

Ampe akhirnya gue sendiri yang ngerasain "Kayaknya gue harus ngehindar untuk menghindari patah hati yang sama"

Ok! Gue udah ngejalanin praktek "ngejauh" ini cukup lama. Sekitar 2 minggu wkwkwkwk tolol.

Gue baru pertama lho ngejauhin orang seumur - umur. Untuk orang yang nggapernah dengan sengaja ngejauh ini rekor terlama buat gue.

Sampe akhirnya malem ini,
Minggu 30 juni 2019. Habis dari rumah Dekrit sama Alrisya buat ngeliat Dekrit yang habis kecelakaan, gue nganterin Alrisya pulang. Di jalan gue tanya

"eh sya, ngejauhin orang itu gimana si?"

"Nggatau de, aku juga lagi ngehindarin seseorang karena emang males aja in touch sama dia. Kaya ngga penting udahan. Too much"

Sambil ngawasin jalan gue diem beberapa saat. Tatapan gue ke plat nomer kendaraan yang suka berhenti dadakan kaya tahu bulat membuyarkan lamunan gue.

"Eh sya, tapi masalahnya ini aku ngehindar untuk menghindari patah hati yang sama. Story dia gue mute, close friend gue dia exclude, bahkan story nih dia gw masukin exception. Berlebihan ngga?"

"Ya engga sih de, kan kamu juga butuh ngehindar buat healing"

"Buat healing ya?'

"Iya"
Seakan Alrisya tau kalo fungsi ngehindar gue adalah untuk healing sendiri. Tapi gue merasakan ke egoisan yang mengge-gebu pada gue dengan soul yang young ini.

"Tapi ngejauh itu sesuatu yang ke kanak - kanakan nggaksi?'

"Engga de. Kadang emang kamu butuh ngejauh aja gitu, dan nggada yang salah dengan itu"

"Tapi sya, aku punya temen mereka pernah deket dan berakhir tidak bersama dan sama - sama tersakiti gitu..

Dan si A ini tiap ada event bareng, terus ada salah satu temen ngomong 'eh B mau dateng nih, udah deket bentar lagi sampe katanya' terus aku kan uda tau nih.

Terys si A ini kaya yang 'maaf ya aku tiba - tiba ada acara'...

ngejauh gitu, bego gaksi?
Kekanakan - kanakan banget menurut aku. Kan itu sudah berlalu. ngapain sih ngehindar? Toh ngga nyelesein masalah. Iya engga?"

"Nah kalo gitu, tolol sih. Kalo emang udah tau bakal ada di satu tempat. Yauda satu tempat aja. Act like nothing happen, nggausa dengan sengaja ngehindar ato pergi"

"Tapi aku harus ngejauh sya. Melewati patah hati lewat pertemuan"

"Kamu harus nggak lho dateng ke acara itu?"

"Ya.... harus. Dia kan temenku"

"Yauda datenglah, nggausah baper - baper gitu. Yang udah lewat lewat aja sih. Nggausah ngejauh segala. Aku sama mantanku aja diajak jalan berdua ok ok aja, tapi habis jalan yaudah selesai. Niatnta kan main dan nggausah chat chat baper lagi"

"Gitu?"

"Iyalah,kalau mau diulang pun..

..
Kayak baca buku yang sama, endingnya ketebak"

"Behave ya sya brarti?"

"Ya ngga juga, act nothing happen"

"Okedeh"

Sampe di depan kosnya gue ngucapin "terimakasih"

"Nggalah, aku yang makasih"

Rasanya pikiran gue udah balik lagi jadi normal.

-My head still takes me back. Thought it was done but i guess it's never really over....

Just because it's over it doesn't mean it's really ove, and if i think it over, you'll be coming over again- 🎶Never really over - katy perry

Then gue inget - inget kembali, mungkin dia selalu ke gue tiap ada masalah atau ada hal yang perlu diceritain karena emang "gue adalah orang yang dia percaya buat nyelesein masalah"

sedang gue berharap "gue adalah orang yang bisa ngebahagiain dia"
Padahal engga, biasa aja.

Tapi kadang,
Tiap gue ada masalah lumayan serius dia juga nggabisa diajak diskusi. Mungkin emang dia ada masalah lain, tapi gue nangkepnya kaya dia yang menyingkirkan gw dari hidupnya

Gw selalu bilang ke diri gue bahwa "treat people like you want to be treated" (hargai orang sebagaimana kamu ingin dihargai)

Ampe akhirnya gue menyadari bahwa "but sometimes i shohld treat people like how they treat me" (hargai seseorang, sebagaimana orang lain menghargaimu)

Mungkin pemikiran gue yang salah. Gue yang masih mengharap - harapkan dia kembali. Menjadi dua orang yang seharusnya bahagia bersama 7 tahun lalu.

I know it's over, my feeling should be burried long time ago then it's never really over. Right? Tapi buat apa juga dirasakan kalo perasaan ini seperti baca buku yang sama dengan ending yang  sudah bisa ditebak?

So self, can we start over again?


--------

Terimakasih telah mengembalikan jalan pikiranku sebagaimana mestinya!! wkwkwk.
Biar nambah followersnya gw promosiin post dengan caption yang paling edgy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lost in miles

__don't replay it please : gak ikut catering, ikut makan (di keroyok)__

____Akamichi potter and the half bolod prince_____