Gue Sadar, Gue berbeda.

GUE SADAR, GUE BERBEDA


Waktu gue TK 0 besar. guru gue nanyain temen temen gue satu per satu. "Kalau udah gede kamu mau jadi apa? Jadi cita cita kalian apa?"

temen gue ada ga yang jawab "mau jadi dokter bu, jadi nelayan bu, jadi arsitek". Gila, anak kecil umur segitu yang kerjaanya makan tidur ngiler sama ngomong amin paling banter di masjid waktu jumatan cita citanya kaya gitu.
Gue adalah satu satunya anak yang berbeda. dengan polos gue jawab "mau jadi power ranger"
"Dede kamu serius?" guru gue tercengang temen gue juga mentertawai gue. menurut gue waktu itu cita cita menjadi power ranger itu beda sendiri di kelas. gue suka hal yang berbeda gak ngikutin temen temen gue. tapi sekarang gue sadar, itu cita cita gue yang terbloon.
"kamu kenapa mau jadi power ranger?"
"biar bisa mengendarai megazord bu" (megazord : robot besar yang dinaiki poweranger ketika tubuh musuh menjadi monster raksasa).
Gue merasa cita cita menjadi ower ranger itu lebih baik. karena dokter itu lemah. di film power ranger turbo yang ada dokternya, dokternya itu gabisa jadi power ranger. gak keren.

Gue di didik oleh film. Ya. karena apa? orang tua gue tidak pernah mendidik gue waktu kecil. sekalipun orang terdekat gue. dari TK itu gue sendirian sama pembantu. Ibu sama bapak gue udah cerai sebelum gue masuk TK. Nenek kerja jagain wartel depan. pembantu gue cuma ngerjain pekerjaan rumah tangga. liat? yang gue lakuin sehabis pulang sekolah itu nyemil di depan tv sambil liat power ranger, liat kartun, justice league, tom & jerry, king kong. keren.

temen gue yang orang tuanya masih ada dirumah ato belum cerai pasti ga sebebas gue. haha. gue tertawa untuk mereka. yang habis pulang sekolah disuruh ngerjain PR, Bobok siang, makan siang, minum obat, latian ngaji.
Ngaji. gue juga gapernah diajarin ngaji. disuruh ngaji? gue ga gampang kenal saalma orang asing, apalagi mereka mencoba sok akrab sama gue. gue sadar ngaji itu penting waktu kelas 3 SD. gue iri sama temen sekelas. yang lain di tanyain udah juz brapa? aada yang udah juz 12 juz 30 juz 26. gila.

giliran gue ditanyain. gue cuma bisa jawab iqra 4 pak masian. ingusan.

gue sadar, orang tua gue itu beda sama anak lain. orang tua gue cerai. kalo dalam istilah pacaran itu "putus". kalau putus dalam pacaran masih bisa balikan. kalo putus yang ini ga bakal bisa balikan. sekalipun gue ngancem bunuh diri ke orang tua gue. mungkin kitab suci gue gak selalu benar. sakhina mawwadah wa rahma, menjadi omong kosong belaka yang melatar belakangi keluarga gue.

gue sekarang jadi iri dengan mereka yang diperhatikan orang tua mereka. bukan kaya gue yang dari TK cuma bisa seneng seneng nonton power ranger. gue salut sama ibu gue, dia adalah satu satunya orang yang berusaha keras banting tulang buat menghidupi keluarga gue. nyariin sekolah, biaya makan, transport. dia juga rela pergi ke jakarta merantau sampai terperangkap di jakarta 3 bulan karna gada dana buat pulang ke surabaya. dia ngamen, ngajar bahasa inggris. sementara bapak gue, gue gatau dia ngapain. gue gapernah dapet kabar tentang bapak gue, yang gue tau cuman. ibu itu adalah seorang wanita yang kuat yang bisa menghidupi keluarga gue sampai sekarang.

kelas 2 smp ibu gue memperkenalkan kepada seorang cowok, yang gue kira bapak gue akan balikan sama ibu gue. enggak, dia ayah baru gue. iya bapak tiri yang gue panggil papa. papa ini penulis naskah komedi. gue suka dia orangnya lucu, cerdas, pekerja keraas. tapi tetep aja, beda.

larut malam ibu gue tanya ke gue dan adik "kalau misalnya dia jadi ayah baru kamu gimana?"
spontan jawab bareng "Mau, mau" mungkin ini saking kesepianya pengen ngerasain kasih sayang seorang bapak.
Papa ini juga yang ngehidupin keluarga gue, ibu gue juga. sayangnya sebagai penulis naskah papa gue jarang ada disurabaya. sebulan seminggu kadang dua bulan kadang juga kalau ada job di surabaya dia baru pulang. keren.

bapak gue bekerja sebagai kontraktor, gue gatau kontraktor itu apa. yang jelas semacam arsitek. keren. bapak gue bisa gambar beda sama gue. gue gambar diri gue sendiri aja jadi kaya nobita yang kena HIV.
gue gak bilang bapak gue jahat karena ninggalin ibu gue. dia orang yang baik, kalau liburan idul fitri bapak gue ngajakin ke malang je rumah orang tua dia yang gue panggil eyang uti. setiap lebaran gue pasti berkumpul disana berama keluarga besarnya.

bapak gue adalah anak ke 2. gue punya 1 bude dan 2 tante. dan beberapa sepupu yang unyu seperti giga, rommy, dan naura. gue paling tua. asli. yang lain maasih pada ngiler dan ngeces gue udah bisa mimpi basah.
waktu kecil ge bahagia, gue gapernah ngerasain arti kehidupan. hingga akhirnya semakin tua gue sadar. keluarga gue yang bahagia sebenarnya juga punya luka. waktu kumpul sepupu gue bersama kedua orang tua mereka sementara gue. cuman sama ayah dan adek. beruntungnya gue punya adek. mereka enggak. pasti mereka kesepian.

keluarga gue udah gak tertolong.
kelas 1 sma bapak gue dateng mebawa seorang cewek. gue udah mikir pasti mau gantiin ibu gue ya kan?.

iya, bapak gue memperkenalkan begitu saja tanpa sepengathuan gue. setuju, gak setuju. karena juga kasian meliat bapak gue sendirian di jakarta jadi duda. ya sudah, gue ikhlas. lagian ibu baru gue juga sabar, penyayang, bisa mahamin gue. tapi tetep aja, beda.

sakiinah mawwadah wa rahmah.

Sakiinah artinya tenang, tentram
Mawaddah artinya cinta, harapan
Rahmah artinya kasih sayang dan satu kata sambung wa yang artinya dan.

apa keluarga gue kaya gitu?

iya. keluarga gue tenang, tentram meski awalnya tengkar.
keluarga gue cinta, gue cibta dengan keluarga gue. harapan. gue juga punya harapan dan tumbuh bersaama harapan itu.
keluarga gue penuh dengan kasih sayang. iya. bapak kandung bapak tiri, ibu kandung ibu tiri. semua sayang sama gue.

yang paling susah itu waktu nanti gue udah gede terus punya anak tanya ke gue "yah, kakek sama nenek itu yang mana".
"jadi gini kakekmu ada dua, dan nenekmu juga ada dua". mungkin anak gue cuman bisa bengong dan ngiler. "maksudnya?"
"iya nak, kakekmu ada dua. nenekmu juga ada dua. ayah dan bundamu juga ada dua" haha.

di masa depan gue gak mau jadi bapak dan ibu gue yang sekarang. pisah dan anak gue terlantar nonton film power ranger sendirian dirumah sama pembantu. gue yakin bunda gue nanti itu nyonya yang paling paham tentang gue. dan gue adalah tuan yang menyayangi nyonya gue. gue bakal bangun keluarga masa depan yang lebih baik. 100x lipat lebih baik daripada bapak dan ibu gue. anak gue juga bakal 100x lipat lebih baik dari gue.

mungkin keluarga gue enggak diberkati sama tuhan gue, tapi gue adalaah anak yang diberkati.

broken home, doesn't mean you have to be broken child

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lost in miles

__don't replay it please : gak ikut catering, ikut makan (di keroyok)__

____Akamichi potter and the half bolod prince_____